Load Lines, Plimsoll Mark, Free Board
FREE
BOARD Secara sederhana pengertian lambung timbul (free board) adalahtinggi tepi
dek dari permukaan air yang diukur pada tengah kapal (midship). Tinggiminimum
dari lambung timbul ini perlu dipertahankan agar supaya kapal selalumempunyai
daya apung cadangan.
Karena lambung timbul secara langsung menyangkutmasalah
keselamatan pelayaran, maka diadakan suatu peraturan internasional yangsifatnya
mengikat untuk menetapkan besarnya minimum lambung timbul yangdiperkenankan
untuk suatu kapal.
Latar
belakang dibuatnya peraturan ini adalah karena banyak kapal yang
mengisimuatanya melebihi kapasitas muat kapal. Sehingga banyak terjadi
peristiwa kapaltenggelam akibat overload. Untuk itu dibuat standar
internasional load line agar kapasitasmuat kapal dapat diamati setiap waktu.
Untuk
selanjutnya pada lambung kapal terpasang tanda plimsoll mark. Tanda
ini berupa lingkaran dengan garis horizontal yang melalui lingkaran
tesebut yangmenunjukkan sarat maksimum kapal. Tanda tambahan dibuat
menyesuaikan dengankondisi perairan dan perbedaan kerapatan air. Selain itu
pada plimsoll mark juga.
terpasang
tanda dimana kapal tersebut di klas kan dan tanda batas maksimum sarat
pada beberapa kondisi:
TF : Tropical
Fresh Water
F : Fresh Water
T : Tropical Sea Water
S :
Summer Sea Water
W : Winter Sea Water
WNA : Winter
North Atlantic
Fresh
water adalah air dengan kerapatan 1000kg/m3 dan sea water adalah
dengan kerapatan 1025 kg/m3. Berikut adalah gambar plimsol mark dan pengaruhnya pada kapal
No comments:
Post a Comment