Hambatan Kapal Katamaran
Hambatan kapal katamaran diasumsikan sebagai
penjumlahan dari beberapa komponen yang saling tidak bergantung (independent) agar mudah memecahkan
masalah hambatan kapal dan pengaruh jarak antara lambung (hull separation).
Metode yang digunakan pada pengujian lambung kapal
yang konvensional yaitu dengan membagi hambatan pada beberapa komponen yang
didasarkan pada pengukuran total hambatan dari pengujian model dengan
mengestimasi hambatan gesek (friction)
dari formula empiris, atau pengukuran lansung dari komponen-komponen. Kedua metode
tersebut untuk mengidentifikasi komponen-komponen dan asumsi-asumsi yang terkait.
Secara skematik, pembagian komponen hambatan
diperlihatkan pada skematik diagram dibawah ini.
Pada bagian ini diuraikan komponen koefisien
interaksi hambatan pada demihull (catamaran) adalah sebagai berikut:
dimana:
Æ
Faktor
interferensi hambatan bentuk (form),
yang diakibatkan oleh perubahan tekanan yang terjadi antara dua lambung.
σ Factor
interferensi hambatan gesek (friction),
yang diakibatkan oleh terjadinya penambahan kecepatan aliran diantara dua lambung.
t Faktor interferensi hambatan gelombang (wave), yang diakibatkan oleh pertemuan
dua moda gelombang (dari haluan) diantara kedua lambung.
Diketahui bahwa faktor interensi Ø dan
σ sangat rumit dan kompleks dalam
pemecahannya, maka Insel dan Molland (1991) memperkenalkan faktor b untuk mengkombinasikan faktor interensi Ø dan
σ kedalam interferensi hambatan viskos
untuk tujuan praktis, sehinga menjadi:
(2.5)
Formulasi tersebut diatas telah diaplikasikan secara luas dalam perhitungan
hambatan pada kapal katamaran hingga saat ini, termasuk dalam aplikasi software
program ‘Hullspeed-Maxsurf’, ‘NavCad’
dan lainnya.
Referensi : Tugas Akhir Gudel Refis
JV Hotel and Casino & Spa - Mahnomen Casino - JM Hub
ReplyDeleteJV Hotel and 태백 출장안마 Casino is one of the few casinos located 광양 출장샵 on the southern end of the Mississippi River in 군포 출장마사지 Mississippi. It was the first 고양 출장마사지 casino to open 나주 출장안마